Selasa, 01 Mei 2012

Unhas Tambah Kuota Jalur Undangan



MAKASSAR, FAJAR -- Universitas Hasanuddin menambah kuota jalur undangan pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Jika tahun lalu, Unhas menyediakan 10 persen dari jumlah maba yang diterima, maka tahun ini Unhas menyediakan kuota hingga 50 persen.
Hal tersebut disampaikan Rektor Unhas, Prof Dr dr Idrus A Paturusi saat ditemui, Selasa 27 Maret di RS Pendidikan Unhas. Menurut Idrus, alasan Unhas memperbesar jumlah kuota untuk jalur undangan karena jalur ini bisa merekrut mahasiswa yang benar-benar berkualitas dari masing-masing daerah.
"Kan banyak siswa yang pintar, namun jika bersaing di jalur SNMPTN mereka bisanya gagal. Makanya Unhas menyediakan kuota yang besar untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang berprestasi dari daerah. Bahkan, bagi yang dianggap kurang mampu akan kita berikan bidik misi," ungkap Idrus.
Idrus menjelaskan, ada tiga kriteria penilaan terhadap sekolah SMA yang mendapatkan jalur undangan. Untuk SMA yang berakreditas A, 50 persen siswanya diundang melalui jalur tersebut, akreditas B 30 persen dan akreditas C 20 persen.
Untuk penilaiannya sendiri, lanjut Idrus akan mempertimbangkan hasil Ujian Nasional. "Banyak penilaian sebenarnya. Untuk penilaiannya UN sendiri tujuannya menghindari permainan kepala sekolah," terang Idrus.
Meski demikian, Idrus mengakui, jalur undangan ini tidak bisa berjalan makmasimal dan memenuhi kuota yang disediakan. Hal ini disebabkan, tidak meratanya pilihan jurusan yang didaftar calom mahasiswa baru.
"Peminat menumpuk di Fakultas Kedokteran, Teknik, atau jurusan Hubungan Internasional di Sospol,  Sastra Inggris di Fakultas Sastra, termasuk jurusan psikologi juga banyak peminatnya. Makanya saya bilang tidak berjalan maksimal, padahal kita sudah buka jalur ini sebesar-besarnya bagi calon siswa," katanya.
Kabag Humas Unhas, Dahlan Abubakar M Hum mengatakan untuk pengumumannya penerimaan jalur undangan sendiri, rencananya tanggal 25 Mei 2012 mendatang. (iad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar