Sabtu, 21 Januari 2012

Hidangan Mie saat IMLEK, simbol panjang umur

Makanan yang disediakan saat perayaan tahun baru Imlek mempunyai makna tersendiri. Seperti hidangan mie, yang menjadi makanan wajib karena sebagai simbol panjang umur.
Menurut pengurus Vihara Jin De Yuan Glodok, Djonsen, mie yang disajikan itu adalah Siu Mie yang artinya mie panjang umur. "Mie ini harus disajikan tanpa putus dari ujung awal sampai ujung akhir. Harus benar-benar satu untaian mie. Harapannya agar umur manusia tidak putus-putus," terang Djonsen, Minggu (22/1/2012).
Dikatakannya, walaupun memiliki filosofi demikian, saat hendak dimakan mie tersebut boleh dipotong. Menurutnya bila saatnya sudah tiba, maka usia manusia akan putus juga. Selain makanan yang wajib disajikan, Djonsen juga menjelaskan makanan yang dihindari saat perayaan imlek.
"Makanan seperti bubur melambangkan kemiskinan atau kesusahan. Tradisi ini berawal karena saat musim kelaparan di Tiongkok, disana tidak bisa menyajikan nasi. Kemudian makanan yang terasa pahit seperti pare dan fumak sebaiknya juga dihindari karena melambangkan kepahitan hidup," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar