Senin, 23 Januari 2012

Sejarah Hari Valentine

Ceritanya gini :

Dulu kala, di Benua Eropa, hiduplah seorang uskup yang bernama Valentinus. Ia dilahirkan pada tanggal 14 Februari. Semasa hidupnya, ia senang sekali membuat kerajinan tangan berbentuk hati, dengan tulisan ,"Yesus mengasihi-mu".
Ia terus menerus membuat kerajinan tangan ini dan membagi-bagikannya kepada orang2 yang dijumpainya. Orang2 yang menerima kerajinan tangannya merasa senang, terutama dari kalangan orang miskin mereka merasa diperhatikan.

Pada masa itu, kekristenan sedang ditindas, para uskup dan pendeta2 ditangkap dan dimasukan ke penjara, termasuk Uskup Valentinus ini. Tetapi, walaupun sudah dipenjara, hobbynya membuat hati tetap saja dilanjutkan. Kali ini ia membagikannya kepada orang2 yang ada dipenjara itu. Tentu saja orang2 itu terkejut dan merasa terharu karena masih ada orang yang memperhatikan dan mengasihi mereka.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, dan tahun berganti tahun. Karena usianya yang sudah lanjut, akhirnya Uskup Valentinus meninggal dunia di penjara. Orang2 yang dekat dengannya semasa di penjara merasa amat kehilangan, karena Uskup Valentinus begitu baik dan penuh kasih terhadap mereka. Akhirnya, untuk mengenang jasa Uskup Valentinus, mereka sepakat untuk meneruskan hobby Uskup Valentinus membagikan kerajinan tangan berbentuk hati kepada orang lain.

Hal ini terus berlangsung sampai orang2 tersebut keluar dari penjara. Lalu terdengarlah kabar ini sampai kepada raja yang memerintah saat itu, dan akhirnya ditetapkanlah tanggal 14 Februari sebagai hari kasih sayang atau Valentine days. Dimana tanggal 14 Februari diperingati sebagai tanggal lahir Uskup Valentinus dan Valentine diambil dari nama Uskup Valentinus.

Nach sekarang udah tahu khan asal muasal hari Valentine ???

pada masa romawi antik,tgl 14 february digunakan utk memperingati Junon ("ratu" dari segala dewa/dewi romawi). disamping itu,Junon juga dianggap sebg dewi pernikahan dan femininity. peringatan ini dilanjutkan sampai keesokan harinya,tgl 15 febr. dimana mereka merayakan "Festival Lupercalia" (juga utk memperingati dewa/dewi).
pada masa romawi antik,kehidupan anak² muda (perempuan dan lelaki) sangat strict,mereka hrs terpisah satu sama lainnya. tapi selama "Festival Lupercalia" ini,mereka diberi kesempatan utk 'berteman' dgn lawan jenisnya (mis: dansa,bermain bersama...),sehingga terbentuk persahabatan yg kadang berlanjut sampai level yg lebih tinggi.
in ancient Rome,february was the official beginning of spring and was considered a time for purification.

versi lainnya; tujuan dari "Festival Lupercalia" (tgl 15 feb.) utk memperingati Faunus,the Roman god of agriculture,as well as to the Roman founders Romulus and Remus
Pope Gelasius declared feb 14 st. valentine's day around 498 A.D
during the middle ages,it was commonly beleived in france and england that 14 febr was the beginning of bird's mating season,which added to the idea that the middle of feb. (valentine's day) should be a day for romance ::bentar2:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar